BARONG BANYUWANGI, ANTARA HARIMAU DAN AYAM???


Barong Banyuwangi ( Sunar Udara )

Seperti yang diketahui dalam cerita pagelaran Barong banyuwangi yang sudah ada turun temurun masyarakat suku osing ketika adanya hajatan atau pesta pernikahan maupun khitanan maka masyarakat banyuwangi seringkali menjadikan pagelaran barong ini menjadi tontonan di hari penting tersebut. 

Hanya Banyuwangi?  Ya,  tidak ada kota manapun yg punya pagelaran ini. 

Kita juga tau Bali juga mempunyai Barong, namun sangat berbeda dari segi fisik maupun filosofi

Nah saya akan membahas fisik barong banyuwangi (sunar udara) terlebih dahulu next di kesempatan lain saya akan membahas tentang filosofinya. 

Fisik :

Dari fisik kita bisa melihat adanya sosok macan/harimau namun bersayap

Darimanakah asal sayap itu???


Unggas?  Ya, tepat sekali dalam cerita pagelaran Barong kita diberitahu kalau sosok sayap tersebut merupakan seekor Ayam. Yaitu perwujudan dari sosok sakti bernama Panji Laras

Dan sosok kepala dari barong tersebut adalah harimau/macan hijau yaitu perwujudan dari sosok sakti bernama Luhdoyo/ sering disebut Lundoyo

Nah bagaimana 2 sosok tersebut jadi satu menjadi barong sunar udara?

Nah terdapat kisah yang amat panjang yang akan saya bahas dilain waktu. Hehe..

Jadi sudah jelas kan kenapa Barong banyuwangi itu mempunyai sayap? Karena sosok ayam lah yang terdapat pada tubuh raja hutan tersebut.





Oke terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini untuk menambah pengetahuan seputar Banyuwangi.

Jangan lupa tinggalkan komen dibawah apabila ada kekurangan ataupun ingin req. Pembahasan atau info lain seputar Banyuwangi.

Thank you bye bye salam VIRUS BANYUWANGI

sumber gambar : google.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WISATA CAMPING PANTAI BEGITU INDAH DI BANYUWANGI

BARONG BANYUWANGI BANYAK???