WOW!!! BARONG BANYUWANGI SUDAH SEJAK ABAD KE 16 MASEHI???


Barong adalah sebentuk benda yang berbahan dari ukiran kayu dengan bentuk menyerupai perwujudan manusia. Hanya saja model penampakan barong memang terlihat relatif seram. Dominasi warna merah dan hitam serta memiliki wangi yang penuh dengan aroma minyak sesaji, membuat benda ini terlihat dan beraura mistis.




Sejarah Barong Banyuwangi


Versi 1 – Barong Kemiren ada sejak abad ke-16 masehi. Barong Kemiren dibuat oleh seniman bernama Sanimah, warga asli Desa Adat Kemiren Banyuwangi. Dan hingga kini barong tersebut berusia lebih dari 300 tahun.


Versi 2 – Barong Kemiren dibuat oleh Mbah Tompo bersama kawan-kawannya setelah mendapatkan wahyu dalam mimpinya ditahun 1647. Dimana barong ini masih ada hingga sekarang dan disebut sebagai barong tertua.


Versi 3 – Pertarungan antara kesatria Bali dan Blambangan yaitu Minak Bedawang dan Alit Sawung yang sama-sama kuat. Kedua kesatria sakti tersebut bertarung dalam waktu yang lama dan sama unggul. Karena pertarungan tersebut berlangsung terus menerus tanpa henti, tiba-tiba ada suara dari langit yang memerintahkan agar kedua kesatria tersebut mengakhiri perselisihannya. Dari situlah dibuat benda berupa barong yang menyimbolkan kedamaian dan persatuan.




Oke terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini untuk menambah pengetahuan seputar Banyuwangi.

Jangan lupa tinggalkan komen dibawah apabila ada kekurangan ataupun ingin req. Pembahasan atau info lain seputar Banyuwangi.

Thank you bye bye salam VIRUS BANYUWANGI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WISATA CAMPING PANTAI BEGITU INDAH DI BANYUWANGI

BARONG BANYUWANGI, ANTARA HARIMAU DAN AYAM???

BARONG BANYUWANGI BANYAK???